Search More

Rabu, 04 Juni 2008

HTML sebagai dasar web

Hypertext Markup Language atau yang sering kita kenal dengan HTML merupakan bahasa standar/dasar yang dipergunakan untuk menampilkan document web.
Beberapa hal yang dapat kita lakukan dengan HTML yaitu:
  • Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya
  • Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses dari seluruh dunia
  • Membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online
  • menambahkan object-object seperti image, audio, video dalam document HTML

Begitu juga yang yang terjadi dengan situs situs yang ada di dunia maya seperti friendster,youtube, dll, dibuat dengan menggunakan bahasa HTML sebagai dasarnya. Namun, suatu web tidak serta-merta hanya membutuhkan bahasa HTML saja, bahasa-bahasa pemrograman lain seperti CSS, Javascript, dll juga dibutuhkan sehubungan dengan keterbatasan-keterbatasan suatu bahasa web.

Untuk membuat suatu file HTML, dapat dipergunakan program HTML editor antara lain notepad yang merupakan bawaan windows(tentu saja harus mengerti bahasa HTML), bagi anda yang tidak terlalu/tidak mengerti sama sekali bahasa HTML program bantuan seperti macromedia dreamweaver, MS Frontpage, dan masih banyak lagi program lainnya dapat dipergunakan.

Suatu Web page terdiri dari elemen HTML sebagai berikut:


<html>


<head>


<title>judul web page</title>


</head>


<body>


isi web page


</body>


</html>




Demikianlah pengenalan Bahasa HTML secara umum, kita dapat melihat code penyusun suatu web page, klik "View - source/page source" pada tab browser anda.

Pada Postingan berikutnya saya akan mencoba menjelaskan beberapa fungsi HTML untuk mempercantik tampilan web anda, dapat juga dipergunakan pada Friendster. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai fungsi-fungsi bahasa HTML, anda dapat surfing di internet karena sudah banyak sekali tutorial mengenai bahasa HTML ini baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.