Search More

Sabtu, 28 Juni 2008

Tips proteksi Spam

Tidak seperti postingan-postingan saya sebelumnya yang berkisar tentang warna web, cara membuat tabel, tag marquee, dll. Tetapi postingan saya kali ini akan membahas permasalahan yang sangat sering mengganggu kita. yaitu Spam.

Spam atau yang dikenal dengan email sampah, jumlahnya dapat mencapai setengah dari keseluruhan email yang kita terima. Spam datang dai berbagai negara dengan jumlah yang besar. Email-email ini lebih sulit ditangani, karena mereka datang dari negara lain yang berada diluar kuasa hukum dan peraturan kita. Karena hubungan internet bersifat global, maka hukum-hukum yang ada tidak dapat menghentikan permasalahan.
Jadi apa yang harus kita lakukan?
Ada beberapa tips untuk proteksi spam:
  1. Lakukan sebisanya menghindari penggunaan email di internet. Terdapat produk yang dinamakan "spam spider" yang akan mencari alamat-alamat email di internet.
  2. Gunakan sofware spam blocking.
  3. Gunakan beberapa alamat email. Apabila kita ingin bergabung dengan suatu forum atau memesan suatu barang, gunakanlah email khusus untuk hal-hal tersebut dan email ini bukanlah email utama kita.
  4. Hindari membuka Attachment yang kita tidak ketahui. Attachment sering mengandung virus, apabila kita tidak mengenal pengirim email, sebaiknya jangan buka attachment nya. Kita juga dapat mempergunakan Firewall yang menyediakan servis filtering attachment.
  5. Bulk-mail atau email-spam. Banyak vendor email yang menyediakan jasa servis bulk-mail atau email-spam, konsepnya apabila kita mengetahui email asing yang kita curigai sebagai spam masuk ke inbox, kita dapat memindahkan email-email ini ke bulk-mail atau email-spam dan secara otomatis email yang berasal dari pengirim yang sama akan dianggap spam dan langsung masuk ke kotak bulk-mail atau email-spam.

Blog Advertising