Search More

Senin, 30 Juni 2008

Karakter HTML

Setelah dua postingan terakhir saya yang sedikit kurang berhubungan dengan judul blog, review poker tournament blog dan tips mengatasi spam, yang merupakan iseng-iseng berhadiah, smiley karena postingan tersebut merupakan paid post dari situs buyblogreviews, baru beberapa minggu bergabung disitus tersebut dan bagi kalian yang tertarik dengan program tersebut maka segera daftarkan blog kalian, linknya disini atau klik banner dibawah:



Akhirnya saya dapat melanjutkan menulis posting modifikasi web. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal-hal kecil yang sering terabaikan didalam web design ataupun modifikasi web, yaitu menampilkan penggunaan karakter-karakter dalam bahasa HTML. Selama ini perhatian utama kita tertuju pada bagaimana tampilan web/blog kita, tata letak elemen halaman, template, dan lain sebagainya dan kita sering melupakan karakter-karakter yang tidak dapat digantikan dengan kata-kata seperti notasi sigma, perpangkatan, hak cipta, dll. Misalnya apabila kita ingin menyatakan sesuatu yang merupakan ciptaan kita, tentu saja tidak enak dipandang dan direnungkan (Lho koq ? ) apabila kita menyatakannya dengan:


"hak cipta by bla-bla.com"


akan lebih baik bila kita menuliskannya seperti ini:

"© by bla-bla.com"



Berikut ini beberapa karakter yang sering dipergunakan:

































































































KarakterKode HTML
spasi 
''
&&
ºº
½½
÷÷
±±
""
<&amp;lt;
>&gt;
®&reg;
¼&frac14;
©&copy;
Σ&Sigma;
¹&sup1;
²&sup2;
&asymp;
&le;
&ge;
Δ&Delta;
α&alpha;
β&beta;
γ&gamma;



Perlu diingat bahwa kode karakter-karakter ini merupakan kode HTML sehingga penulisan kode tersebut haruslah dalam bentuk HTML. Sebagai contoh, apabila kita menuliskan sebuah posting, dan ingin menambahkan karakter ke dalam postingan kita tersebut, maka kita harus menambahkan kode HTML tersebut kedalam "mode edit HTML" atau kode HTML postingan kita seperti gambar dibawah.


mode edit html