Search More

Sabtu, 05 Juli 2008

Modifikasi player dan playlist lagu

Setelah cukup lama saya tidak membuat sebuah posting karena kesibukan yang cukup padat, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba juga . Setelah cukup lama surfing sana-sini untuk mencari topik postingan kali ini, akhirnya saya mendapatkan ide untuk membuat sebuah posting yang berkaitan dengan modifikasi web menggunakan musik playlist dan musik player, setelah di postingan sebelumnya kita membahas bagaimana cara menambahkan musik ke blog/web. Disini kita akan membahas apa sih keuntungan manampilkan musik player dan playlist sebagai bagian dari konsekuensi menambahkan musik ke blog/web? baca selengkapnya postingan ini semoga dapat menambah ilmu bagi kita semua, amin .

Sebelum kita membahas jauh tentang topik kita kali ini, ada baiknya kita mengingat kembali postingan modifiweb sebelumnya, yaitu modifikasi blog dengan musik, kita membicarakan bagaimana sebuah musik dapat dimainkan di blog/web atau melalui sebuah hiperlink(?) atau musik player. Tentu saja akan lebih baik apabila kita memiliki daftar beberapa lagu(playlist) sehingga pengunjung blog/web kita dapat memilih lagu yang hendak dimainkan sesuai dengan keinginannya (teori pemuasan konsumen, he he he). Disini kita akan mendiskusikan player musik apa yang baik yang dapat dimainkan baik di Firefox maupun di Internet Explorer.

Sebagaimana yang kita ketahui terdapat beberapa situs yang menawarkan (emang jual beli?) widget player musik yang dapat ditambahkan kedalam blog/web kita, salah satunya adalah google gadget. Kebanyakan dari situs-situs tersebut menawarkan tampilan navigasi yang mudah dipergunakan, bahkan situs-situs seperti Sonific menawarkan lagu berlisensi secara gratis yang dapat ditambahkan ke widget kita. Tetapi situs ini merupakan situs komersial yang maaf dikata, untuk menggunakan jasa mereka maka akan terdapat iklan dan promosi pada widget. Dan lagu-lagu yang tersedia biasanya bukan lagu-lagu terbaru. Apabila kita ingin mengatur pilihan lagu-lagu untuk blog/web kita, ikuti langkah-langkah pada tutorial ini untuk mengupload lagu yang kalian suka dan menambahkan player musik ke blog/web. Jenis musik yang akan dimainkan adalah MP3 karena mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan file berekstensi wav.


Playlist

Kita juga dapat mempergunakan file-file berekstension m3u dan asx. Dengan mengklik file tersebut maka musik atau video yang tersimpan di playlist akan dimainkan. Ekstensi yang baru ditemukan adalah .XSPF yaitu ekstensi untuk media digital dan dapaat dimainkan di kebanyakan browser. Untuk info lebih lanjut mengenai XSPF ini silahkan kunjungi situs sourceforge, disana dijelaskan cara kerja player XSPF, player slim yang menampilkan kontrol dasar, versi Extended player yang menyajikan daftar album(playlist), cover album, dan tombol-tombol fugnsional lainnya. Untuk menampilkan player di blog/web kita harus mendwonload terlebih dahulu playernya, sebagai contoh XSPF player dari sourceforge. Kita harus pastikan bahwa file-file player tersebut tidak dalam compressed file (ZIP/rar file). Selanjutnya adalah tahapan peng-upload-an filr-file player ke web server. Kita dapat mempergunakan web server gratisan yang menyediakan jasa akses langsung(direct URL) seperti google pages.


Upload lagu

Tujuan dari upload lagu ini adalah membuat semua pengunjung dapat mendengarkan bagian dari lagu tersebut. Upload file lagu berekstensi MP3 ke server(google pages).


Pembuatan XSPF playlist

Dalam hal ini kita akan menampilkan player XSPF ke dalam blog/web kita. Kalian dapat mengcopy code HTML dibawah ke Notepad:


<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<playlist version="0" xmlns = "http://xspf.org/ns/0/">


<title>Judul yang akan ditampilkan di player </title>

<trackList>

<track>

<location>URL file lagu 1di server </location>

<image>URL gambar 1 untuk modifikasi player </image>

<annotation>Teks yang ditampilkan di lagu 1 </annotation>
</track>

<track>

<location>URL file lagu 2di server </location>

<image>URL gambar 2 untuk modifikasi player</image>

<annotation>Teks yang ditampilkan di lagu 2 </annotation>
</track>
</trackList>
</playlist>




Ganti teks berwarna dengan URL yang berkaitan, bila tidak terdapat gambar album, biarkan kosong pada kode image location. Kita dapat menambahkan beberapa lagu ke dalam playlist dengan mengcopy kode <track> sampai </track> diatas kode </tracklist> dan mengganti teks berwarna merah dengan URL yang berhubungan. Simpan kode diatas ke Notepad dan ketikkan ekstensi file ".XSPF", contoh: "daftarlagu.xspf". Upload file ini ke server anda.


Menambahkan player ke blog/web

Langkah terakhir dari tutorial ini adalah penambahan player ke dalam blog/web. Kode dibawah ini harus ditambahkan ke dalam HTML kode (add page element pada blog).



<object
codebase="http://fpdownload.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version="
type="application/x-shockwave-flash" height="160" standby="Player is loading ..." width="400" classid="clsid:d27cdb6e-ae6d-11cf-96b8-444553540000">

<param name="_cx" value="10583">

<param name="_cy" value="4445">

<param name="FlashVars" value="">

<param name="Movie" value="URL XSPF player kamu?playlist_url=URL playlist kamu (daftarlagu.xspf)">

<param name="Src" value="URL player kamu ?playlist_url=URL playlist kamu (daftarlagu.xspf)">

<param name="WMode" value="Window">

<param name="Play" value="0">

<param name="Loop" value="-1">

<param name="Quality" value="High">

<param name="SAlign" value="LT">

<param name="Menu" value="-1">

<param name="Base" value="">

<param name="AllowScriptAccess" value="sameDomain">

<param name="Scale" value="NoScale">

<param name="DeviceFont" value="0">

<param name="EmbedMovie" value="0">

<param name="BGColor" value="E2E2E2">

<param name="SWRemote" value="">

<param name="MovieData" value="">

<param name="SeamlessTabbing" value="1">

<param name="Profile" value="0">

<param name="ProfileAddress" value="">

<param name="ProfilePort" value="0">

<param name="AllowNetworking" value="all">

<param name="AllowFullScreen" value="false">

<embed src="URL XSPF player
?playlist_url=URL playlist kamu (daftarlagu.xspf)" quality="high" bgcolor="#E2E2E2"
name="xspf_player" allowscriptaccess="sameDomain"
type="application/x-shockwave-flash"
pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer"
align="center" height="160" width="400">

</embed>

</object>




Ganti beberapa kode:
- domain atau lokasi dimana player di upload (warna biru)
- lokasi playlist musik (merah)
- baground musik player yaitu warna web dalam hal ini biru, kamu dapat melihat kode warna dipostingan sebelumnya.
- Lebar dan tinggi player (warna orange)

Anonim mengatakan...

Kok ngk kluar lagu ny yh

Yinzang Seikira mengatakan...

kalo mau ganti template dengan nge upload gmn?